Monday 4 August 2014

Tingkatan dalam Tae Kwon Do

    Tingkatan dalam tae kwon do dibagi dalam 2 kelompok besar yaitu Tingkatan Geup dan Tingkatan Dan. Tingkatan Geup adalah tingkatan dalam tae kwon do sebelum seorang anggota (taekwondoin) mencapai sabuk hitam. Sedangkan tingkatan Dan adalah tingkatan dalam tae kwon do setelah seorang anggota mencapai sabuk hitam. Pada tingkatan Dan, seorang taekwondoin senior yang sudah berumur 17 tahun bisa dikategorikan sebagi seorang pelatih (sabeum).

Tingkatan Geup dalam tae kwon do dibagi menjadi 10 tingkat yaitu:

1. Geup X menyandang sabuk putih
2. Geup IX menyandang sabuk kuning
3. Geup VIII menyandang sabuk kuning strip
4. Geup VII menyandang sabuk hijau
5. Geup VI menyandang sabuk hijau strip
6. Geup V menyandang sabuk biru
7. Geup IV menyandang sabuk biru strip
8. Geup III menyandang sabuk merah
9. Geup II menyandang sabuk merah strip I
10. Geup I menyandang sabuk merah strip II

  Pada tingkatan sabuk awal (beginner) yaitu Geup X sampai Geup VIII, materi yang dilatihkan adalah gerakan dasar, kedisiplinan, dan latihan fisik. Khusus untuk Geup VIII mulai diberikan materi jurus (Poomsae) yaitu jurus pertama (Il Jang Tae Geuk).
  Pada tingkatan sabuk menengah (intermediet) yaitu Geup VII sampai Geup IV, materi yang dilatihkan adalah kelanjutan dari materi di sabuk awal dan ditambahkan materi pertarungan (Kyoruki) dan beladiri praktis (Hosinsul).
  Pada tingkatan sabuk lanjutan (advanced) yaitu Geup III sampai I, materi yang dilatihkan adalah pengembangan seluruh materi Geup sebagai persiapan memasuki tingkatan Dan. Keseluruhan jurus yang harus dikuasai hingga Geup I adalah sebanyak 8 jurus.

  Tingkatan Dan dalam tae kwon do dimulai dari Dan I dan secara internasional tingkatan Dan tertinggi yang sudah ada hingga saat ini adalah Dan IX, atau bahkan yang sudah mulai berlatih pada usia dini bisa mencapai Dan X. Pengakuan tingkatan Dan diakui secara resmi dan global di seluruh dunia melalui sertifikasi yang diterbitkan oleh Kukkiwon. Kukkiwon adalah pusat tae kwon do dunia yang berada di korea selatan.


No comments:

Post a Comment